Tuesday, March 27, 2012

cara instal Dual Booting Windows Dan Ubuntu 10.10



Dual Booting windows dan ubuntu – Apakah kamu ingin mencoba melakukan dual booting dengan menggunakan operating system Windows XP dan ubuntu 10.10 ? Diibaratkan,Windows XP sudahterinstall pada PC dan kita tinggal menambahkan Operating System lain yaitu Ubuntu 10.10 agar dapat dijalankan pada satu PC yang sama.Nantinya,operating system yang akan digunakan dapat dipilih pada tampilan saat booting.
Berikut langkah-langkah untuk melakukan Dual Booting windows dan ubuntu :
Masukkan CD ubuntu ke dalam CD room,kemudian akan muncul tampilan seperti di bawah ini.Jika tidak,buka explorekemudian pilih drive di mana diletakan Ubuntu 10.10,kemudian pilih wubi.exe
  • Pilih “Install Inside Windows
Dual Booting windows dan ubuntu Dual Booting windows dan ubuntu
  • Sesuaikan Installation Drive dan Installation size.
  • Lalu,tulis Username dan Password yang kamu inginkan.Klik Install
Dual Booting windows dan ubuntu1 Dual Booting windows dan ubuntu
    • Tunggu hingga ada tampilan seperti dibawah ini :
    Dual Booting windows dan ubuntu2 Dual Booting windows dan ubuntu
    • Kalau sudah selesai,langsung saja pilih yang reboot now
    Dual Booting windows dan ubuntu3 Dual Booting windows dan ubuntuItu berarti system akan di restart,dan tunggu hingga tampilan dua booting muncul saat booting pada PC kamu.
    Jika tidak ada tampilan dual booting yang muncul,coba kamusetting BIOS agar dapat PC dapat digunakan oleh lebih dariOperating System.
    • Jika sudah,pilih Ubuntu diantara dua pilihan booting yang muncul.
    Dual Booting windows dan ubuntu4 Dual Booting windows dan ubuntu
    • Jika berjalan normal,akan tampak logo ubuntu yang tampil dan diikuti proses installasi.Tunggu hingga beberapa saat,sampai selesai proses installasi.
    Dual Booting windows dan ubuntu Dual Booting windows dan ubuntuJika Proses installasi selesai,PC akan restart dengan sendirinya.Dan pada saat booting,silahkan memilih Operating System yang ingin kamu gunakan,Windows XP maupun Ubuntu 10.10
    Nah,mudah bukan ?
    Coba cara ini sudah terbukti dapat digunakan pada PC desktopmaupun notebook,dual booting dapat berjalan dengan normal di kedua piranti tersebut.
    Sangat disarankan untuk mem backup data terlebih dahulu sebelum melakukan aktifitas yang berhubungan dengan harddisk,misalnya install operating system seperti diatas.Kamu bisa backup pada CD,DVD,FlashDisk,Harddisk Ext,maupun device lain yang fungsinya sama.Lindungilah datamu,lindungilah karyamu. Makasih kawan sudah mampir,selemat mencoba membuat Dual Booting windows dan ubuntu pada system computer kamu icon biggrin Dual Booting windows dan ubuntu

    0 komentar:

    Post a Comment